Vyanchina’s Blog

Kegiatan Sang Presiden

Posted on: 14 Mei 2009

Manado-“Tetengkoran” alias kentongan khas Sulawesi Utara pun ditabuh oleh  Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono tepat pukul 09.30 WITA, Kamis (14/5), di Grand Kawanua Convention Center Manado , Sulut.  Ditabuhnya tetengkoran ini sebagai pertanda dibukanya World Ocean Conference (WOC) yang pertama kalinya di dunia.

Ribuan peserta yang terdiri atas para menteri, para ahli perikanan, kelautan dan lingkungan, LSM-LSM internasional, serta utusan badan-badan PBB dari 80 lebih negara menghadiri acara ini. Suara tetengkoran ini juga sebagai pertanda bahwa WOC sudah memasuki acara puncak sepanjang hari ini.

Pasalnya, menurut jadwal petang nanti sekitar pukul 16.00 WITA, WOC ini akan mencetuskan deklarasi yang disebut Manado Ocean Declaration (MOD) atau Deklarasi Manado di tempat yang sama. Deklarasi Manado yang berisi 21 paragraf ini, akan  dibacakan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Sebelumnya, Rabu malam (13/5), sebanyak 76 negara dan 11 Intergovermental Organization (IGO) telah menyepakati dan menandatangani seluruh pasal dan paragraph dalam deklarasi itu.

Ketua Sidang SOM WOC Edyy Pratomo menyatakan, Deklarasi Manado memiliki keistimewaan karena menjadi satu-satunya kesepakatan dunia yang secara khusus berbicara mengenai penyelamatan lingkungan dan lautan dalam kaitannya dengan isu perubahan iklim (climate change).

Karenanya, Deklarsi Manado tercatat sebagai salah satu dokumen monumental dunia. Kedudukan deklarasi ini sejajar dengan Protokol Montreal (1987), Deklarasi Rio Jenairo (1992), Protokol Kyoto (1997-1999), Deklarasi Johannesburg (2002) dan Bali Roadmap (2007).

Tak heran jika dunia internasional pun menyambut deklarasi ini. Direktur Eksekutif United Nations Environment Programme (UNEP) Achim Steiner mengatakan,  “Anda sudah memulai sebuah agenda besar, dan dunia akan berharap banyak dari pertemuan Manado, setelah sebelumnya Indonesia sukses melahirkan Bali Roadmap.”

UNEP merupakan lembaga PBB yang fokus pada perlindungan dan pelestarian lingkungan yang berkualitas. Lembaga dunia ini memberikan apresiasi yang tinggi dan menempatakan Deklarasi Manado sebagai turning point strategis di bidang penyelamatan lingkungan.

Tapi, dari beberapa sumber yang juga peserta WOC, Sabili memperoleh infomasi bahwa draft Deklarsi Manado yang sampai hari ini belum dibagikan pada publik, termasuk pada para wartawan ini, mendapat banyak intervensi dari delegasi Amerika Serikat dan Australia.

Untuk membahas hal ini, beberapa delegasi dari departemen yang terkait penyelenggaraan WOC telah melakukan diskusi informal tentang “intervensi” AS dan Australia ini. “Saya tak bisa menjelaskannya secara rinci, Mas tunggu aja poin-poin deklarasi itu. Nanti akan terlihat pasal-pasal yang mengalami intervensi. Yang jelas, dari besarnya dana bantuan yang dikucurkan, mereka pasti memiliki target tertentu,” jelas sumber itu sambil berlalu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Mei 2009
S S R K J S M
« Apr    
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Kategori

Komentar Terbaru

Blog Stats

  • 7,224 hits

Klik tertinggi

  • Tak ada
%d blogger menyukai ini: